Pengertian Jaringan LAN dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Jaringan LAN dan Penjelasannya Lengkap – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan dari luas wilayahnya, jaringan komputer dibedakan menjadi 3 yaitu Jaringan LAN, Jaringan MAN dan Jaringan WAN. Dan pada kesempatan kali ini kita akan fokus untuk membahas mengenai pengertian jaringan LAN dan fungsi LAN. Sudah tahu mengenai apa itu LAN? bagi Anda yang belum mengetahuinya, artikel dibawah ini bisa menjadi rujukan.

Pengertian Jaringan LAN

Pengertian Jaringan LAN adalah merupakan sebuah jaringan yang tersedia di komputer guna menghubungkan beberapa komputer dalam lingkup yang kecil. Jaringan LAN dapat di buat oleh siapa saja dan di mana saja asalkan ada komputer ataupun laptop. Jaringan LAN biasanya dimanfaatkan di sebuah gedung untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lain. Dengan begitu komputer dapat berbagi file dan lain-lain. Jaringan LAN hanya sekedar menghubungkan komputer untuk berbagi recource bukan untuk mengakses internet.

Sering kita jumpai orang yang bermain game multiplayer dengan menggunakan lebih dari 1 laptop maupun komputer. Ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan LAN yang tersedia di semua komputer ataupun laptop. Dengan memanfaatkan jaringan LAN, banyak developer yang membuat game dengan menyertakan menu multiplayer dengan menggunakan jaringan LAN. Dengan bermain game multiplayer menggunakan jaringan LAN membuat para pemain game dapat langsung menguji kemampuan masing-masing dengan melakukan duel multiplayer.

Fungsi Jaringan LAN

Jaringan LAN banyak di manfaatkan untuk kebutuhan di sebuah gedung untuk saling berbagi data dengan mudah tanpa perangkat perantara. Jaringan LAN juga sering kali di manfaatkan sebagai media untuk bermain game secara multiplayer. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari jaringan LAN.

Sebagai Penghubung Beberapa Komputer

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya fungsi utama dari jaringan LAN adalah menghubungkan beberapa komputer. Hal ini tentu saja akan mempermudah untuk saling mengakses data. Sehingga tidak heran apabila di sebuah perusahaan atau perkantoran banyak menggunakan jaringan LAN.

Selain itu jaringan LAN sangat mudah untuk di buat sehingga banyak yang menggunakan dan belum lagi setiap orang dapat mengakses jaringan tersebut, Namun untuk pemilik jaringan agar data kalian tetap aman silahkan menyetel password di jaringan LAN Anda agar hanya orang yang memilki akses saja yang bisa terhubung.Dengan jaringan LAN memudahkan sebuah komputer antara satu dengan yang lainnya dapat terhubung sehingga akses antara komputer-komputer tersebut menjadi lebih mudah.

Awal dari jaringan LAN memang di ciptakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu gedung. Sehingga jaringan LAN memiliki batas jangkauan. Biasanya jaringan LAN hanya di gunakan dalam satu ruangan saja.

Sarana Berbagi File

Karena jaringan LAN dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga memungkinkan untuk berbagi file dengan komputer yang terhubung. Kecepatan transfer file juga cukup cepat sharing file di lakukan dengan media jaringan, Selain itu cara ini juga sangat mudah tanpa harus menggunakan media atau pun datang ke komputer yang akan di ambil file. Namun sebelum berbagi data di lakukan file yang akan di bagikan harus di masukkan ke dalam media folder jaringan agar dapat terbaca dan tercopy di komputer lain.

Dengan kecanggihan teknologi untuk berbagi file sudah tidak memerlukan perangkat keras lagi seperti flash disk, hardisk, CD-ROM, memory card dan masih banyak yang lainnya. Dengan perkembangan teknologi di bidang jaringan sehingga sekarang di kenalnya sebuah jaringan yang bernama jaringan LAN. Dengan jaringan LAN memindahkan data atau file sudah bisa di lakukan melalui jaringan. Sehingga lebih memudahkan cukup dengan menghubungkan antara komputer sumber data dengan komputer yang menjadi tempat data di salin.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan LAN

Di balik kecanggihan Jaringan LAN namun tetap saja ada memiliki kekurangan, nah kita sekarang masuk kebagian kelebihan dan kekurangan jaringan LAN tersebut. Mau tau kelebihan dan kekurangan jaringan LAN? simak beberapa kelebihan dan kelemahan jaringan LAN di bawah ini.

Kelebihan Jaringan LAN

Berikut merupakan beberapa kelebihan jaringan LAN:

Memudahkan Komputer Saling Terhubung

Dengan adanya jaringan LAN sangat memudahkan beberapa komputer untuk saling terhubung sehingga antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dapat saling akses melalui jaringan ini

Mudah untuk Menggunakannya

Cukup salah satu komputer menyalakan jaringan LAN kemudian komputer lainnya tinggal menghubungkannya saja. Cara menghubungkannya pun sangat mudah cukup masukkan password yang meminta password. Cara ini sama dengan cara menghubungkan jaringan wifi.

Dapat di Buat Siapa Saja

Semua kalangan dapat membuat jaringan LAN, Asalkan ada komputer. Setiap komputer memiliki fitur untuk membuat jaringan LAN sehingga setiap orang yang memiliki Komputer atau laptop dapat membuat jaringan LAN.

Dapat Digunakan di Mana Saja

Kelebihan yang sangat spesial adalah jaringan LAN dapat di gunakan di mana saja. Walaupun di daerah tersebut tidak terdapat jaringan namun jaringan LAN tetap bisa di gunakan. Untuk menghubungkan jaringan LAN harus memiliki kabel LAN dengan konektor RJ 45, jika Anda sudah memiliknya tinggal tancapkan kabel tersebut ke komputer masing masing

Kekurangan Jaringan LAN

Berikut merupakan beberapa kekurangan jaringan LAN:

Jangkauan Jaringan Sangat Sempit

Jaringan LAN pertama kali di buat memang hanya untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu rungan. Sehingga tidak heran jika jaringan LAN memiliki jangkauan yang sangat sempit. Biasanya jarak jangkauan jaringan LAN sekitar 100 M sampai kurang dari 1 KM.

Orang Dapat Mencuri Data

Dengan menghubungkan jaringan LAN antara satu komputer dengan komputer lainnya maka komputer yang di sambungkan tersebut memiliki akses untuk mengambil file atau data yang terdapat di komputer yang satu. Sehinggga jika ada orang yang ingin berbuat jahat maka dia dapat mengambil file tersebut. Inilah salah satu kelemahan dari jaringan LAN. Namun untuk mengatasi hal tersebut di di lakukan dengan memberi password pada jaringan LAN sehingga hanya orang yang di ijinkan sajalah yang dapat terhubung dengan jaringan LAN . Dalam membuat password jaringan LAN usahakan membuat password yang sulit di ketahui oleh orang lain. Sehingga orang lain tidak bisa terhubung dengan jaringan yang telah di buat.

Kesimpulan

Nah itulah pengertian jaringan LAN, fungsi jaringan LAN, serta kelebihan dan kekurangan jaringan LAN dalam dunia komputer, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda yang berkecimpung di dunia komputer maupun orang yang ingin mengetahui tentang LAN. Jika ada pertanyaan, bisa Anda tanyakan di kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar