5 Penyebab Rambut Bayi Rontok Terbaru

5 Penyebab Rambut Bayi Rontok Terbaru – Rambut rontok pada Bayi bisa dikatakan normal dan bisa juga dikatakan tidak normal. Kerontokan rambut pada bayi biasanya disebabkan banyak hal, mulai dari kurangnya nutrisi untuk kesehatan rambut hingga pola makan dari si Bayi yang tidak diperhatikan dengan baik. Nah, pada kesempatan yang indah ini saya akan memberikan informasi menarik kepada anda tentang 5 penyebab rambut bayi yang seringkali rontok.

5 Penyebab Rambut Bayi Rontok yang Perlu Anda Ketahui

Jika rambut bayi rontok hingga behelai-helai setiap harinya, maka anda harus segera mencari tahu apa penyebabnya, saran terbaik dari saya langsung bawa ke Dokter untuk mengetahui tindakan apa yang bisa dilakukan. Nah sebelum itu, cobalah lihat informasi dibawah ini tentang 5 penyebab rambut bayi rontok.

Infeksi pada Kulit Kepala Bayi

Salah satu penyebab rambut bayi rontok yang pertama adalah karena adanya infeksi pada kulit kepala. Infeksi jamur pada kulit kepala ini bisa menjadi kurap sehingga membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu, adanya kurap pada kulit kepala juga berpengaruh terhadap nutrisi yang didapatkan oleh rambut. Tidak heran jika banyak bayi yang memiliki kurap karena faktor penggunaan pakaian ataupun topi bayi yang terhadap jamur kurap. Sebagai orang tua, setidaknya anda harus tahu mengenai kebersihan pakaian maupun benda-benda yang akan dikenakan di kepala si bayi.

Gesekan pada Kulit Kepala

Penyebab kerontokan rambut bayi yang kedua ini bisa disebabkan juga karena gesekan karna si banyak terlalu lama menghabiskan waktu di punggung dan perut pada saat mereka duduk. Jadi normal ketika kepala mereka bersentuhan dengan permukaan diluar, sedangkan kontak ini akan terus berulang dan menyebabkan terjadinya gesekan, jika gesekannya parah bisa menyebabkan kerontokan pada rambut si bayi. Selain itu juga, kerontokan pada jenis ini juga seringkali di sebut dengan istilah friksi alopecia atau tekanan alopecia. Namun kondisi seperti ini akan lekas hilang ketika si bayi sudah bisa duduk, sehingga waktunya tidak dihabiskan untuk berbaring setiap saat.

Alergi Terhadap Sesuatu

Berikutnya penyebab rontoknya rambut pada bayi bisa juga disebabkan karena alergi pada benda atau makanan tertentu yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Bayi yang alergi terhadap minyak pijat atau sampo tertentu membuat kulit kepala menjadi panas dan akhirnya rambut akan rontok. Sekali lagi, sebagai ibunda harus benar-benar tepat dalam memilih produk untuk si bayi. Kondisi alergi seperti ini juga bisa menyebabkan si bayi tidak nyaman karena kulit terasa panas dan gatal. Jenis eksim yang paling umum pada kepala si bayi disebut dengan Dematitis Seboroik atau peradangan kulit kepala.

Sering Menarik Rambut

Bayi suka sekali menarik rambut mereka karena mungkin dianggapnya lucu dan aneh. Menarik rambut setiap hari bisa juga menyebabkan kerontokan pada si bayi. Salah satu kondisi psikis seperti Trikotilomania menyebabkan kondisi dimana pengidapnya suka sekali menarik rambut karena beberapa alasan tertentu. Nah, ini yang perlu anda periksakan ke dokter untuk mencari tahu apakah itu gejala biasa atau memang ada kelainan psikis terhadap bayi anda.

Penyakit

Berikutnya, penyebab lain rambut bayi anda seringkali rontok dalam jumlah sedikit maupun jumlah banyak, bisa juga disebabkan karena penyakit. Penyakit seperti kanker dan tumor kepala mampu menurunkan kondisi kesehatan kulit, sehingga rambut tidak bisa tumbuh dengan baik dan selalu rontok dalam jumlah yang banyak. Khasus seperti ini seringkali dialami oleh banyak bayi yang berumur beberapa bulan setelah melahirkan, nah untuk karena itu. Cobalah bahwa bayi anda ke dokter umum untuk cek dan melihat kondisinya, apakah itu hanya gejala ringan atau memang ada sel kanker di kepala si bayi.

Penutup

Sekian informasi dari saya untuk anda semua mengenai beberapa penyebab rambut rontok pada si bayi. Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan tambahan terhadap pertanyaan yang seringkali diajukan oleh si bunda tentang rontoknya rambut pada si bayi. Silahkan berkomentar dan pendapat anda mengenai artikel yang ada diatas. Jika ada pertanyaan seputar rambut rontok pada bayi silahkan kirim pertanyaan anda di kolom komentar dibawah, terimakasih.

Tinggalkan komentar